5 Cara Menjadi Dropship Sukses bagi Drosphipper Pemula

Di era digital serba canggih seperti saat ini dropship menjadi salah satu usaha yang banyak dipilih pelaku usaha, terlebih pelaku usaha pemula. Cara menjadi dropship pun tak sulit, karena sistem dropship yang terbilang simple dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Dropship sendiri merupakan metode penjualan praktis dimana para dropshipper tak perlu menyimpan atau menyetok barang yang ditawarkannya, karena pihak supplier atau penyetok barang lah yang akan mengirimkan langsung ke pembeli. Modal yang diperlukan untuk menjadi seorang dropshipper pun nyaris nol rupiah, tak heran jika banyak orang tertarik untuk menggeluti bisnis yang satu ini.

Tips sukses menjadi dropshipper

Bagi Anda yang tertarik ingin menjadi dropshipper, berikut ini cara mudah menjadi dropshipper sukses yang wajib diketahui.

1. Survey Pasar dan Menentukan Produk

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan memulai bisnis dropship adalah melakukan survey pasar serta menentukan produk apa yang akan dijual. Anda dapat melihat produk apa yang paling dibutuhkan dan dicari banyak orang, namun usahakan untuk menghindari berjualan produk musiman apabila ingin menjadikan bisnis ini bisnis jangka panjang.

Setelah survey pasar, barulah Anda menentukan produk apa yang akan Anda tawarkan. Anda dapat memilih produk dengan profit sedikit namun berpotensi besar untuk dijual dengan kuantitas banyak, contohnya kaos, kosmetik, atau masker.

2. Pilih Supplier Terpercaya dan Bertanggung Jawab

Setelah menentukan produk, cara menjadi dropship sukses selanjutnya adalah menentukan supplier yang terpercaya dan juga bertanggung jawab. Karena supplier ibarat jantung bagi seorang dropshipper, apabila Anda salah memilih supplier maka bisnis Anda pun tidak akan berjalan dengan baik di masa depan.

Anda dapat menemukan supplier terpercaya dan bertanggung jawab dari marketplace di Indonesia. Dari marketplace tersebut Anda dapat melihat informasi tentang calon supplier mulai dari lokasi, performa toko, kecepatan membalas chat, metode pengiriman yang digunakan, hingga feedback dari para konsumennya.

3. Tentukan Harga Jual Produk

Langkah selanjutnya adalah menentukan harga jual produk. Setelah Anda melihat dan memilih produk mana saja yang akan Anda jual dari supplier, Anda perlu menentukan berapa harga jual yang Anda tawarkan.

Tentukan berapa keuntungan setiap produk yang ingin Anda peroleh, tak lupa bandingkan harga jual sehingga Anda dapat melihat selisih harga dengan produk kompetitor.

4. Visualisasikan Produk Dengan Menarik

Meskipun banyak dropshipper yang hanya memanfaatkan foto dari katalog produk supplier, namun ada baiknya memiliki foto produk toko Anda sendiri meskipun produk yang dijual sama persis. Anda dapat memesan beberapa produk yang akan Anda jual di toko Anda, lalu ambillah beberapa foto produk untuk dipajang.

5. Gunakan software pendukung

Untuk memudahkan anda dalam proses upload produk ke toko anda, anda bisa menggunakan software yang dikhususkan bagi para dropshipper di marketplace. Tools ini berfungsi untuk scrape marketplace misalnya scraper tokopedia, scrape bukalapak, scraper shopee dll. Dengan bantuan alat ini anda bisa upload banyak produk hanya dengan sekali klik saja. Keren kan?

6. Promosi Toko

Ketika toko online Anda telah dibuka, hal selanjutnya yang wajib dilakukan adalah melakukan promosi. Promosi sangat penting untuk memperkenalkan produk yang Anda jual serta meningkatkan penjualan, sehingga Anda dapat meraup banyak keuntungan dari produk supplier yang berhasil terjual.

Berbagai cara dapat Anda lakukan sebagai ajang promosi, misalnya memberikan promo menarik, diskon, memasang iklan berbayar di sosial media, dan lain-lain.

Hindari Hal-Hal yang Menyebabkan Dagangan Dropship Anda Tidak Laku

Tak sedikit bisnis dropship yang gulung tikar dikarenakan beberapa hal di bawah ini:

  • Harga Produk Terlalu Tinggi

Jika Anda ingin meraup keuntungan besar dalam waktu singkat, dropship bukanlah pilihan tepat. Karena Anda perlu sabar menggeluti bisnis ini hingga nantinya dapat menjadi bisnis besar, karenanya jangan terburu-buru memberikan harga jual terlalu tinggi di awal.

  • Mengabaikan Pelanggan

Meskipun terlihat sepele, namun memperlakukan pelanggan bak raja adalah salah satu kunci sukses para pengusaha tak terkecuali dropshipper.

Itulah cara menjadi dropship sukses bagi Anda yang baru akan menggeluti bisnis ini. Semoga bermanfaat!