8 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Sebelum Berinvestasi Agar Aman

Berinvestasi memang menarik dan bukan rahasia lagi sangat mendatangkan banyak untung, namun Anda juga harus hati-hati. Terlebih, kala Anda berinvestasi emas. Pasalnya, ada beberapa oknum yang kadang melakukan penipuan dengan melakukan penjualan emas palsu. Nah, mari kita ketahui tentang 8 cara ampuh dalam membedakan emas asli atau pun palsu sebelum Anda berinvestasi di artikel di bawah ini.

Cara Membedakan Emas Asli dengan yang Palsu

Investasi emas memang dinilai lebih stabil dibandingkan hanya menyimpan dana dalam bentuk uang saja. Inilah mengapa, investasi jenis ini dikatakan sangat cocok untuk investor jangka panjang dengan return yang besar. Agar Anda tidak salah memilih emas dalam berinvestasi, sebaiknya Anda memahami bagaimana sih cara memastikan keasliannya? Kira-kira seperti apa ya caranya?

Perhatikan Bagian Fisik Emas

Cara membedakan antara emas asli dengan yang palsu adalah dengan memperhatikan bagian fisiknya. Biasanya, emas asli akan memiliki cap dengan satuan fineness, yakni angka 10, 18, hingga 24 Karat.

Identifikasi Warnanya

Kedua, adalah dengan mengidentifikasi warnanya. Perhatikan saja emas yang Anda beli. Jika warnanya mengalami perubahan, pudar misalnya, kala Anda menggosok bagian permukaannya dengan jari telunjuk atau telapak tangan Anda, maka bisa dipastikan emas tersebut adalah palsu. Tapi jika emas tersebut tidak berubah warna sama sekali, maka itu adalah asli.

Cobalah untuk Digigit

Ketiga, menggigitnya. Anda tentu pernah melihat cara ini di dalam sinetron. Jika ada bekas gigitan yang tertinggal, maka itu adalah asli. Mengapa demikian? Hal ini karena sifat dasar emas yang mana memang mudah dibentuk.

Dekatkan dengan Magnet

Keempat, dengan mendekatkan emas tersebut ke sebuah medan magnet. Kala Anda membeli emas, jangan lupa bawa alat berupa magnet dan kemudian saling dekatkan. Jika emas tersebut menempel, maka itu adalah barang palsu dan sebaliknya, jika emas tidak saling menarik, maka itu adalah asli. Hal ini karena emas adalah logam mulia yang sifat aslinya memang non magnetis.

Uji dengan Keramik atau Kertas

Kelima, uji pada keramik atau kertas. Goreskan emas yang sudah Anda beli ke sebuah keramik atau kertas. Jika emas berubah warna jadi hitam, maka sudah pasti itu adalah produk palsu. Tapi jika setelah digesekkan pun tidak ada perubahan, maka emas yang Anda beli adalah emas asli.

investasi emas

Teteskan Nitric Acid

Keenam, teteskan Nitric Acid pada emas. Dengan cairan asam nitrat ini, Anda bisa tahu bahwa emas yang dibeli asli karena tidak akan ada perubahan warnanya. Namun jika emas jadi hijau, maka itu adalah logam dengan lapisan emas, jika warna kuning maka itu adalah kuningan dengan lapisan emas, dan jika warna putih susu maka itu adalah perak dengan emas.

Cek Kepadatan Emas

Ketujuh, cek kepadatannya. Anda harus tahu jika emas memiliki tingkat kepadatan yang sangat tinggi dimana hal ini tidak akan bisa disaingi logam lain. Jadi, ketika suatu benda memiliki tingkat kepadatan emas yang tinggi, maka sudah pasti itu adalah asli / murni.

Datang ke Toko Emas

Terakhir, Anda bisa datang saja ke toko emas dan meminta untuk di cek produknya. Ini adalah cara termudah untuk mengidentifikasi emas yang anda beli.

Demikian ulasan mengenai 8 cara ampuh dalam memastikan keaslian emas sebelum Anda berinvestasi emas. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda.