Biaya Perpanjang STNK dan Ganti Plat Nomor

Jika adalah seorang pemilik kendaraan, maka anda sudah pasti diwajibkan untuk memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan atau yang disingkat dengan STNK. Ini adalah surat yang dikeluarkan oleh kepolisian untuk menginformasikan kendaraan dan juga pemilik kendaraan dan ini sangat penting untuk dibawa saat sedang berkendara untuk membuktikan kepada polisi bahwa anda adalah pemilik kendaraan yang anda kendarai.

Selain harus membawa STNK sebagai bukti bahwa anda mempunyai kendaraan, anda juga diharuskan untuk memiliki Surat Izin Mengemudi yang intinya surat ini dapat membuktikan bahwa pemiliknya mempunyai kompetensi dalam mengendarai kendaraan.

 

Saat ini telah banyak mal dan supermarket yang tidak mengizinkan mereka yang tidak membawa STNK untuk parkir. Sehingga apabila anda tidak mengurus STNK maka akan mendapatkan kesulitan nantinya.

 

Biaya Perpanjang STNK

Baru = Rp100 ribu per penerbitan Kendaraan roda 2 atau roda 3 STNK memiliki masa berlaku 5 tahun lamanya dan apabila sudah lewat 5 tahun maka itu berarti masa berlakunya sudah habis dan anda harus melakukan perpanjangan. Berikut biaya perpanjang STNK:

  • Perpanjangan = Rp100 ribu per penerbitan per 5 tahun.

Kendaraan roda 4 atau lebih

  • Baru = Rp200 ribu per penerbitan
  • Perpanjangan = Rp200 ribu per penerbitan per 5 tahun.

Cara melakukan perpanjangan STNK

Apabila anda hendak melakukan perpanjangan STNK, anda tidak perlu bingung karena carana tidak begitu sulit. Berikut beberapa hal yang harus anda lakukan:

 

1. Menyiapkan dokumen

Sebelum datang ke kantor SAMSAT tentunya anda harus menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan saat proses dilakukan. Yang harus anda persiapkan adalah formulir permohonan dan juga memberikan identitas seperti KTP dan juga foto kopi KTP. Anda juga harus membawa surat tanda nomor kendaraan atau yang disingkat STNK. Jangan lupa untuk membawa BPKB asli dan juga fotokopi. Terakhir anda juga harus membawa hasil pemeriksaan fisik kendaraan yang sebelumnya sudah anda dapatkan.

 

2. Cek fisik kendaraan

Jika anda belum melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan anda, maka anda harus mengecek terlebih dahulu. Ini perlu untuk mengetahui seperti apa kondisi fisik kendaraan anda.

Disarankan untuk mengurusnya di domisili anda karena pengurusannya akan jauh lebih mudah nantinya.

 

3. Membawa uang tunai

STNK diperpanjang dan penggantian plat nomor yang hendak anda urus tidaklah gratis, anda harus membawa uang tunai untuk melakukan pembayaran yang telah dirincikan diatas. Membawa uang non tunai terkadang justru merepotkan karena harus melakukan transfer yang cukup merepotkan. Anda juga tidak perlu lagi mengambil uang dari kartu ATM jika telah menyiapkan uang tunai.

Namun jika anda sudah di kantor SAMSAT dan tidak membawa uang tunai, jangan khawatir karena di kantor SAMSAT biasanya tersedia ATM Center yang bisa digunakan untuk menarik uang tunai untuk keperluan pengurusan STNK dan perpanjang plat nomor.

 

Perhatian

Jangan pernah menunggak pembayaran STNK karena jika anda menunggak pembayaran maka STNK milik anda otomatis akan mati dan nantinya anda akan dijerat hukum pidana sebagaimana yang tertuang dalam undang undang Nomor 22 tahun 2009 dengan ancaman 2 bulan penjara dengan denda maksimal 500 ribu rupiah.

Jadi jika anda tidak ingin masuk penjara, maka sebaiknya bayar pajak dan jangan menunggak pembayaran.