Bisnis untuk masa depan

Masa lalu adalah kenangan sedangkan masa depan itu impian. Sesuatu yang tidak pasti dalam hal duniawi. Tapi untuk urusan akhirat, masa depan itu jelas, mau jadi seperti apa kamu nantinya tergantung sama ibadahmu.

Oleh karena itu, masa depan perlu ditata dengan baik agar bisa menikmati kehidupan di dunia dan di akhirat. Urusan dunia itu penting  tapi bukan segala-galanya. Karena ada sebuah hadist yang menjelaskan usia rata-rata umat nabi Muhammad berkisar antara 60-70 tahun. Sangat jarang yang usianya bisa lebih dari itu.

Karena masa depan itu impian, berarti masa sekarang adalah sebuah kenyataan. Pahami hal-hal berikut agar kamu lebih mudah dalam menata masa depan.

Jadilah orang yang bersyukur

Apapun kondisimu sekarang, jangan suka mengeluh. Bersyukurlah dengan cara membandingkan kondisimu dengan kondisi mereka yang ada di bawah. Ini penting supaya kamu tidak mudah iri terhadap nikmat yang dimiliki orang lain.

Sudahkah hari ini kamu bersyukur ?

Untuk urusan Dunia Pegang prinsip cukup Alhamdulillah

Urusan dunia berarti semua yang berkaitan dengan rezekimu saat ini. Pendapatan, tempat tinggal, kendaraan, usaha, keluarga dst. Biasakan ucapkan Alhamdulillah cukup untuk saya.

Orang yang terbiasa dengan kata cukup alhamdulillah, lebih mudah menata hati untuk bersyukur.

Pastikan Ibadahmu Aman

Ini yang jarang orang fikirkan. Ibadah itu berhubungan dengan masa depanmu di akhirat. Artinya saat menjalankan kehidupan ini jangan semena mena. Ibadah sesukanya, zalim dengan orang lain, berbuat yang tidak adil, banyak melakukan hal yang dilarang agama dst.

Kalau itu yang kamu lakukan, berarti ibadahmu tidak aman, masa depanmu di akhirat kelak juga akan susah. Paham ?

Cari Pekerjaan yang tidak terikat oleh ruang dan waktu

Ini adalah tipe pekerjaan yang diimpikan oleh banyak orang tapi sangat sedikit sekali yang berusaha mewujudkannya.

Kata kuncinya, cukup dirintis diawal dan penghasilannya bisa autopilot (tidak harus kerja untuk dapatkan income).

Apa nih contoh pekerjaannya ? Contohnya bekerja sebagai content creator. Contoh lebih spesifiknya bekerja sebagai seorang blogger, youtuber atau developer android.

Jadi urutannya begini :

  1. Ibadah yang bener (wajib dan sunnah)
  2. Syukuri pekerjaanmu saat ini
  3. Tambah pekerjaan baru (sebagai youtuber, blogger, developer dsb)

Saat usiamu sudah lanjut, tenaga sudah berkurang, pekerjaan yang mengandalkan fisik sudah tidak bisa lagi (baca: pensiun). Maka kamu tidak akan dipekerjaakan lagi oleh orang lain, kecuali jika kamu punya usaha mandiri.

Youtube, blog dan aplikasi bisa dijadikan aset digital yang masih bisa menghasilkan meskipun usiamu sudah menua. Mumpung masih ada waktu, segerlah belajar dan merintis aset digital.

Demikian tulisan tentang manajemen manata masa depan, semoga bermanfaat. Oh iya.. buat kamu yang suka baca artikel, kunjungi juga web kangmasian.com, ada banyak artikel seputar bisnis disana.