Efektifkah Metode Drill Diberikan Pada Semua Jenjang?

Metode drill merupakan sebuah cara mengajar yang mengharuskan para siswanya untuk melakukan berbagai kegiatan latihan. Latihan yang diberikan ini bertujuan untuk membentuk suatu keahlian tertentu kepada siswa. Para siswa diharapkan mempunyai keahlian yang lebih tinggi dari apa yang sudah dipelajari. Metode ini banyak diterapkan di berbagai lembaga pendidikan. Siswa yang terbiasa dengan cara pembelajaran drill maka akan mempunyai kecakapan yang sudah terlatih.

Metode Drill Membentuk Keterampilan

Setiap guru setidaknya pernah mencoba untuk menerapkan metode drill para siswanya ketika akan memasuki masa ujian. Para siswa akan menerima drill soal setiap hari sehingga mereka akan terbiasa mengerjakan soal. Dari kebiasaannya dalam mengerjakan soal ini, para siswa juga akan terbiasa mencari solusi atas suatu permasalahan yang mereka temui.

Apapun soal yang dihadapi, jika mereka terbiasa mengatasi kesulitan, maka persoalan tersebut dapat dilewati dengan baik. Metode ini juga dapat membentuk kebiasaan baik pada diri siswa. Siswa akan mempunyai waktu lebih banyak untuk memanfaatkan ketangkasan, ketepatan, kesempatan dan keterampilan yang mereka miliki. Kebiasaan yang terbentuk ini berasal dari kegiatan pengulangan akan suatu hal yang sama pada siswa.

Metode Drill di Semua Jenjang

Rasanya semua setuju jika metode pembelajaran drill adalah suatu metode yang tepat untuk dapat menyempurnakan suatu keterampilan agar menjadi lebih baik dan melekat dalam diri anak. Ciri dari metode ini adalah pengulangan yang terus menerus sehingga anak akan otomatis bersikap sesuai dengan kebiasaannya. Hal ini masih cocok diterapkan di semua jenjang. Siapapun yang melakukan kegiatan berulang-ulang pasti makin terasah kemampuannya.

Anak-anak hingga orang dewasa akan lebih mudah mengingat sesuatu jika dilakukan berulang-ulang. Pengulangan ini akan memberikan makna yang sangat mendalam bagi seseorang. Apa yang mereka pelajari akan terus melekat dalam hidupnya. Hal ni seakan menunjukkan bahwa pepatah yang mengatakan bisa karena biasa adalah hal yang mutlak kebenarannya.

Pemberian drill masih efektif dilakukan untuk siapapun. Bahkan orang tua yang sudah keriput pun dapat memiliki kecakapan lebih baik jika melakukan sesuatu secara berulang-ulang. Metode ini dapat membentuk sebuah kebiasaan yang kuat dan mengakar dalam diri seseorang entah itu muda atau tua. Jadi, metode drill cukup efektif digunakan di semua jenjang. Oleh karenanya dengan metode ini diharapkan nantinya hasil pembelajaran bisa lebih maksimal. Selain itu apabila memerlukan percetakan untuk mencetak buku panduan pembelajaran drill ini, anda bisa mengunjungi website berikut ini pusatpercetakanonline.com

Akhirnya berakhirlah tulisan kami ini, semoga menjadi tambahan pengetahuan baru ya.