Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging, Bedakah?

Dasar penamaan kedua jenis kelinci hias dan kelinci pedaging sebenarnya hanya ada di Indonesia agar lebih mudah membedakan kedua kelinci tersebut.

Penamaan kelinci hias dan kelinci pedaging pada dasarnya memiliki tujuan untuk mengelompokkan kedua kelinci tersebut agar lebih mudah memilih mana yang cocok untuk dipelihara dan untuk konsumsi. Biasanya orang – orang membedakannya dengan cara, kelinci hias memiliki wajah yang lucu dan imut dan memiliki daging yang sedikit sehingga tidak cocok untuk konsumsi.

Beberapa perbedaan antara kelinci tersebut

  • Perbedaan fisik

Kelinci hias cenderung memiliki tubuh yang mungil serta bulunya lebih lebat dan halus. Sedangkan kelinci pedaging berukuran besar dan dagingnya padat. Oleh karena itu, kedua kelinci tersebut memiliki fisik dan karakter yang berbeda pula.

  • Perkembangan fisik

Dari segi perkembangan fisik, jenis kelinci pedaging seperti kelinci raksasa flemish tumbuh dengan waktu relatif lebih cepat dan gemuk dari pada kelinci hias. Pada biasanya kelinci hias memiliki perawatan yang cukup lebih rumit dibandingkan kelinci pedaging. Karena kelinci hias juga perlu memperhatikan kehalusan pada bulunya.

Walaupun pada kelinci pedaging juga dapat diambil bulunya, tapi hal ini masih sangat jarang karena pada saat ini telah dilarang pemakaian bulu hewan pada produk-produk kain.

  • Kecantikan wajah

Kelinci hias tentunya memiliki wajah yang imut dan lucu untuk mengimbangi fisiknya yang mungil. Berbeda dengan kelinci pedaging, namun akan sayang juga jika membeli kelinci hias tapi untuk konsumsi karena dari segi harga kedua kelinci tersebut, memiliki patokan harga yang berbeda dan tentunya kelinci hias yang memiliki perawatan tertentu akan memiliki harga lebih mahal.

Kesimpulannya, kelinci hias dan kelinci pedaging memiliki beberapa perbedaan mulai dari, fisik, perkembangan fisik dan kecantikan wajah. Dari kedua kelinci tersebut, tentunya cara merawatnya pun memiliki perbedaan, harganya juga pasti akan berbeda karena memiliki patokan yang berbeda. Kelinci hias akan lebih mahal ketika warna dan bulunya langka, berbeda dengan kelinci pedaging harganya lebih mahal saat dijual sesuai dengan berat dagingnya.