Yuk.. Rutin Konsumsi Kurma biar Sehat

Buah kurma akrab dengan kita terutama pada saat bulan Ramadhan. Buah yang lezat ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kurma memiliki nilai gizi yang sangat tinggi dan merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber zat besi, kalsium, asam amino, fosfor, vitamin dan mineral. Selain itu, kandungan yang dimiliki oleh kurma adalah gula alami berupa glukosa, protozoa dan sukrosa. Semua itu akan membantu kita meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan diabetes dan berbagai penyakit yang lainnya.

Kurma tidak mengandung kolesterol dan setiap bijinya mengandung 23 kalori. Selain itu, apabila anda kecanduan makanan tertentu, kurma bisa dimanfaatkan untuk membantu anda mengatasinya.

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa kurma memiliki sifat penyembuhan dan merupakan salah satu obat alami untuk melawan racun alkohol. Apabila dikonsumsi secara teratur, kurma akan melindungi anda dari kerusakan sel darah mencegah kanker pankreas, mencegah penyakit jantung dan stroke.

Manfaat rutin mengkonsumsi kurma

Secara lengkap, berikut adalah penjelasan dan manfaat yang akan kita dapatkan apabila secara rutin mengkonsumsi kurma.

1. Mengembalikan energi

Untuk mendapatkan energi dalam waktu singkat kita membutuhkan makanan manis. Kurma mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa yang sangat tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai energy booster.

Hanya dengan mengkonsumsi 5 hingga 6 biji kurma, anda bisa meningkatkan energi dalam waktu beberapa menit saja. Itulah sebabnya mengapa mereka yang berpuasa dianjurkan mengkonsumsi kurma setidaknya tiga biji untuk mengembalikan energi.

2. Menaikkan berat badan

Bagi anda yang terlalu kurus, atau belum memiliki berat ideal, anda bisa mengkonsumsi kurma secara teratur agar berat badan naik. Kurma mengandung gula, vitamin dan banyak protein penting yang bisa meningkatkan berat badan.

3. Memperkuat tulang

Ada banyak kandungan mineral yang terdapat pada kurma dan bisa memperkuat tulang serta melawan osteoporosis. Kandungan lain kurma seperti selenium, tembaga, dan mangan, berkontribusi cukup besar pada perkembangan tulang yang sehat.

4. Mengatasi sembelit

Apabila anda sulit buang air besar, atau apabila anda sedang hamil dan mengalami gejala sembelit, kurma bisa dijadikan sebagai salah satu makanan sekaligus obat untuk mengatasinya.

Kurma kaya akan serat dan bisa memperlancar gerakan usus sehingga kotoran bisa dibuang.

5. Meningkatkan elastisitas kulit

Apabila selama ini anda menginginkan kulit yang kencang dan sehat, konsumsilah kurma karena banyak mengandung vitamin A dan vitamin P. Vitamin ini sangat penting untuk elastisitas kulit. Nutrisi yang ada pada kurma juga akan membuat kulit menjadi lebih kencang, terhindar dari kerutan dan lebih lembut.

6. Menurunkan tekanan darah

Ada kandungan magnesium dan kalium yang ada pada buah ini yang secara efektif menurunkan tekanan darah.

7. Mengatasi anemia

Tidak salah lagi, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma. Tidak hanya itu, wanita secara khusus yang sering mengalami menstruasi harus rutin mengkonsumsi kurma karena memiliki kandungan zat besi, vitamin C dan vitamin B6 yang sangat tinggi. Secara rutin mengkonsumsi buah kurma akan membantu anda membentuk hemoglobin.