Ternyata Selain Sedotan, Beberapa Sampah Ini Sangat Berbahaya

Beberapa waktu yang lalu banyak sekali komunitas dan juga organisasi yang mengkampanyekan gerakan #zerowaste yaitu sebuah gerakan bebas sampah plastik. Aplikasi dari sampah plastik ini adalah dengan memangkas penggunaan sedotan plastik.

Kenapa sedotan? Karena sedotan adalah salah satu plastik yang banyak sekali digunakan dan tidak dibuang ke dalam tempat sampah fiber. Hampir semua tempat banyak yang menggunakan sedotan khususnya tempat makan seperti restoran. Selain restoran, penjual biasa pun banyak yang menggunakan sedotan plastik. Maka dari itu mengurangi sedotan sangatlah membantu untuk mengurangi plastik.

Berikut ini adalah beberapa sampah yang juga jumlahnya banyak dan berbahaya seperti sampah sedotan. Ini dia :

  • Puntung rokok

Salah satu sampah yang juga sangat banyak jumlahnya di muka bumi ini adalah sampah puntung rokok. Menurut penelitian yang ada bahwa sebanyak 25 – 50% sampah puntung rokok banyak sekali ditemukan di lautan.

Hal ini wajar saja, karena di Indonesia saja yang namanya Industri rokok sangatlah besar. Bahkan anak dibawah umur saja banyak yang sudah merokok.

  • Kantong plastik

Selanjutnya mengenai sampah yang juga sangat banyak debitnya di dunia ini adalah kantong plastik. Yap, kita pun pasti sudah tidak heran lagi karena hampir setiap kegiatan perbelanjaan dilakukan pasti menggunakan yang namanya kantong plastik. Makanya jumlahnya sangat banyak sekali dan harus segera dikurangkan karena sampah kantong plastik sangat lah sulit untuk didaur ulang.

  • Bungkus makanan

Ternyata-Selain-Sedotan-Beberapa-Sampah-Ini-Sangat-Berbahaya

Bungkus makanan selanjutnya adalah yang paling banyak digunakan. Yap, karena sampah bungkus makanan itu sangat banyak sehingga memang juga harus segera dikurangkan agar tidak merusak lingkungan.

Karena jika sampai banyak sampah bungkus makanan yang berada di lingkungan yang terjadi nanti malah merusak lingkungan tersebut dan pada akhirnya nanti malah menimbulkan masalah baru terkait dengan alam rusak, bencana, penyakit, dll.

Itu lah ketiga contoh sampah yang jumlahnya sangat banyak di bumi ini seperti sampah sedotan. Sampah – sampah ini perlu di atur ulang kembali agar keberadaannya bisa segera terkontrol.

Harus ada banyak kampanye seperti kampanya #zerowaste untuk gerakan mengurangi sampah plastik supaya bumi kita ini bisa lebih sehat dan juga lebih aman dari sampah berbahaya.